About Me

Foto saya
AQ tuch anaknya ceria, jaim, ca'em, cerewet, g' bisa ngontrol emosi, baik, g' sombong, setia, g' bisa diem, pokoknya banyak banget dech. Karna AQ nich anaknya g' bisa ngontrol emosi so kalau teman-teman pernah kena imbasnya tolong maapin yaw.

RAM & ROM

1. ROM ( Read Only memory) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system.Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dllROM untuk BIOS terdapat beragamjenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahhan pembuat Mother Board, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.


2. RAM (Random Acces Memory) yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya.
Pengertian yang lain, RAM adalah memori yang sangat dinamis. Penyimpanan dan pembacaan data di dalamnya sangat sering terjadi dan sangat sulit diprediksikan kapan hal itu terjadi. RAM adalah memori kerja. Penyimpanan dan pembacaan dan data dilakukan pada waktu komputer sedang menjalankan program. Kesalahan akibat kelemahan penyimpan datanya tidak dapat ditolerir. Karena akan mengakibatkan kesalahan pada sistem komputer secara keseluruhan.

Agar tidak terjadi kesalahan penyimpanan data, penurunan level tegangan kapasitor secara cepat harus dicegah. Cara yang pertama adalah dengan memperbesar kapasitansi. Semakin besar kapasitansi, semakin lambat penurunan level tegangannya, cara ini memiliki banyak kerugian. Pengisian muatannya juga semakin melambat. Demikian juga yang terjadi jika data yang akan diisikan adalah data 0, sementara yang tersimpan pada saat itu adalah data 1. Memperbesar kapasitansi mengakibatkan respon memori menjadi lambat.Memperbesar kapasitansi juga akan membutuhkan banyak luasan. Akibatnya, kapasitas memori tidak bisa besar untuk satu chip IC.

Lebih menguntungkan memilih kapasitansi kecil. Pengisian dan pengosongan muatan bisa dilakukan dengan cepat. Untuk mencegah penurunan level tegangan yang cepat, diterapkan mekanisme refresh. Secara periodik, sebelum level tegangannya jatuh ke level yang tidak valid, kapasitor diberi muatan kembali. Kapasitansi kecil juga tidak terlalu memakan luasan tempat di chip IC

Ada bebrapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini :

1. SRAM
2. EDORAM
3. SDRAM
4. DDRAM
5. RDRAM
6. VGRAM
7. Dll.

* Pada memori jenis RAM dikenal istilah BUS SPEED, seperti PC66, PC100, PC 133, PC200, PC 400 dll yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada memori dimana semakin besar nilai BUS SPEED, maka semakin cepat akses terhadap memori tersebut.
2.4 Memori Sekunder
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll
Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Memori Sekunder dapat


1 Comment:

  1. BLOG INSPIRASI said...
    masa sech dari profil u ngeri bgt tuch

Post a Comment