About Me

Foto saya
AQ tuch anaknya ceria, jaim, ca'em, cerewet, g' bisa ngontrol emosi, baik, g' sombong, setia, g' bisa diem, pokoknya banyak banget dech. Karna AQ nich anaknya g' bisa ngontrol emosi so kalau teman-teman pernah kena imbasnya tolong maapin yaw.

Slot & Socket

@@Slot1
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan celeron
@@Slot2
Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium II Xeon
@@Socket 7
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2, AMD K6-3
pentium 1 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX.


@@Slot A
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon, AMD Thunderbird.
@@Socket A
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron.
@@Socket 370
Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel® Pentium® III
(Tualatin and Coppermine) /CeleronTM
@@Socket 8
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium®II and Pentium® Pro .
@@Socket 478
Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-4


AGP

Bus AGP, singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.

Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.


Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, karena beberapa alasan teknis.

Selain faktor kinerja video yang lebih baik, alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung, yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan, dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem, sehingga kartu grafis on-board dapat langsung menggunakan memori fisik, tanpa harus menambah chip memori lagi, meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi.

Mulai tahun 2006, AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16, yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik, yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja.)





MEMORY KOMPUTER

MEMORY
Kata "memory" digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program. Memory dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa dijalankan dalam waktu yang sama, sekaligus juga jumlah data yang bisa diproses. Memory terkadang disebut sebagai primary storage, primary memory, main storage, main memory, internal storage atau juga random access memory (RAM). Ada empat macam tipe dari memory komputer, yaitu:

* random access memory
* read only memory
* CMOS memory
* virtual memory


1. Random Access Memory (RAM)
Ketika orang berpikir mengenai memory komputer, maka seringkali random access memory (RAM) lah yang mereka maksudkan. RAM terdiri dari sekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:

* data untuk diproses;
* instruksi atau program, untuk memproses data;
* data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device;
* instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem komputer

Semua data dan instruksi tadi ditampung di dalam RAM secara temporer. Isi dari RAM bisa berubah-ubah sesuai dengan data yang diproses di dalamnya, atau juga program yang menggunakannya. RAM merupakan sumber daya komputer yang sifatnya reusable atau bisa digunakan kembali.

Kebanyakan dari RAM disebut sebagai barang yang volatile. Artinya adalah jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebu mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen. Karena RAM bersifat temporer dan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondary storage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atau program yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan. Beberapa contoh dari secondary storage ini misalnya adalah magnetic tape, hardisk, magnetic disk dan juga optical disk.

Kapasitas penyimpanan dari RAM sangat beragam dalam berbagai komputer. Kapasitas merupakan faktor yang penting, karena dia menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses dalam waktu yang sama dan seberapa besar dan kompleks progam yang bisa menempatinya. Sistem operasi di dalam komputer bertugas untuk mengatur penggunaan RAM sehingga program bisa berjalan dengan baik. Untuk mengerti kapasitas dari RAM, maka beberapa terminologi berikut ini sering digunakan.

* Bit, yaitu suatu sistem penomoran biner yang mewakili unit terkecil dari data dalam suatu sistem komputer. Suatu bit hanya terdiri dari dua buah angka yaitu 1 dan 0. Di dalam komputer, sebuah 0 berarti suatu sinyal elektronik atau magnetis adalah tiada atau absen, sementara 1 berarti sebaliknya.
* Byte, yaitu suatu grup dari delapan bit. Sebuah byte mewakili satu karakter, satu digit atau satu nilai. Kapasitas dari memory komputer, atau RAM, dinyatakan di dalam bytes atau sekumpulan dari bytes.

Data, instruksi dan program yang disimpan di dalam RAM sebenarnya disimpan dalam bentuk kumpulan bits yang merepresentasikan data, instruksi dan program tadi. Bit-bit ini disimpan ke dalam suatu bagian elektronik yang mikroskopis yang disebut dengan kapasitor.

2. Read Only Memory
Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya non volatile. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain. Chip ROM dapat berisi program yang sering digunakan, seperti rutin-rutin komputasi untuk menghitung akar suatu bilangan dan lain sebagainya.

Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang diuat oleh pabriknya. BIOS merupakan bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang mana fungsinya memberi tahu komputer bagaimana caranya mengakses disk drive. Ketika komputer dinyalakan, RAM masih kosong dan instruksi yang ada pada ROM BIOS lah yang digunakan oleh CPU untuk mencari disk drive yang berisi file-file utama dalam sistem operasi. Komputer lalu memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan kemudian menjalankannya.

Ada tiga variasi dari ROM, yaitu:

1. PROM, atau programmable read only memory. Chip PROM adalah suatu chip yang kosong yang mana program dapat dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus. Chip PROM dapat diprogram sekali dan biasanya digunakan oleh pabrik sebagai control device di dalam produk-produknya.
2. EPROM, atau erasable programmable read only memory. EPROM mirip dengan PROM, tetapi program dapat dihapus dan program yang baru bisa dituliskan ke dalamnya dengan menggunakan suatu peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet. EPROM digunakan untuk controlling device, seperti robot dan sebagainya.
3. EEPROM, atau electronic erasable programmable read only memory. Chip EEPROM dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu electric impulses yang khusus. Mereka tidak perlu dicabut atau diubah.

3. CMOS
CMOS (diucapkan dengan "seemoss") merupakan singkatan dari "complementary metal oxide semiconductor". CMOS adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen. Tanpa adanya data ini, komputer tidak akan bisa beroperasi. CMOS lebih permanen dari pada RAM dan kurang permanen dibandingkan ROM. CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.

4. Virtual Memory
Virtual memory adalah suatu metode penyimpanan data dimana bagian dari program atau data disimpan di dalam magnetic disk dan tidak di dalam RAM, sampai suatu saat diperlukan. Ini akan memberikan semacam ilusi bahwa RAM tersebut sifatnya unlimited. Jadi kesimpulannya, virtual memory mensimulasikan dirinya sebagai suatu RAM. Dia mengijinkan komputer untuk menjalankan lebih banyak program daripada sebelumnya, memanipulasi data yang lebih besar dan juga menjalankan program yang besar tanpa takut kekurangan RAM. Virtual storage leih lambat daripada RAM dan sifatnya non volatile.



RAM & ROM

1. ROM ( Read Only memory) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system.Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dllROM untuk BIOS terdapat beragamjenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahhan pembuat Mother Board, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.


2. RAM (Random Acces Memory) yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya.
Pengertian yang lain, RAM adalah memori yang sangat dinamis. Penyimpanan dan pembacaan data di dalamnya sangat sering terjadi dan sangat sulit diprediksikan kapan hal itu terjadi. RAM adalah memori kerja. Penyimpanan dan pembacaan dan data dilakukan pada waktu komputer sedang menjalankan program. Kesalahan akibat kelemahan penyimpan datanya tidak dapat ditolerir. Karena akan mengakibatkan kesalahan pada sistem komputer secara keseluruhan.

Agar tidak terjadi kesalahan penyimpanan data, penurunan level tegangan kapasitor secara cepat harus dicegah. Cara yang pertama adalah dengan memperbesar kapasitansi. Semakin besar kapasitansi, semakin lambat penurunan level tegangannya, cara ini memiliki banyak kerugian. Pengisian muatannya juga semakin melambat. Demikian juga yang terjadi jika data yang akan diisikan adalah data 0, sementara yang tersimpan pada saat itu adalah data 1. Memperbesar kapasitansi mengakibatkan respon memori menjadi lambat.Memperbesar kapasitansi juga akan membutuhkan banyak luasan. Akibatnya, kapasitas memori tidak bisa besar untuk satu chip IC.

Lebih menguntungkan memilih kapasitansi kecil. Pengisian dan pengosongan muatan bisa dilakukan dengan cepat. Untuk mencegah penurunan level tegangan yang cepat, diterapkan mekanisme refresh. Secara periodik, sebelum level tegangannya jatuh ke level yang tidak valid, kapasitor diberi muatan kembali. Kapasitansi kecil juga tidak terlalu memakan luasan tempat di chip IC

Ada bebrapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini :

1. SRAM
2. EDORAM
3. SDRAM
4. DDRAM
5. RDRAM
6. VGRAM
7. Dll.

* Pada memori jenis RAM dikenal istilah BUS SPEED, seperti PC66, PC100, PC 133, PC200, PC 400 dll yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada memori dimana semakin besar nilai BUS SPEED, maka semakin cepat akses terhadap memori tersebut.
2.4 Memori Sekunder
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk dll
Hubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Memori Sekunder dapat


POWER POINT

Membuat filepresentasi lewat power point
1. buka power point dan buat 10 slide dan tiap slide brackground harus beda
2. isi dari presentasi itu adala kegiatan sehari-hari kamu
3. beri tiap slide dengan animasi berbeda dengan cara
a. klik slide animation
b. lalu pilih animation yang kau sukai


4. beri efect suara atau musik dengan cara
a. klik insert
b. pilih movies and sounds lalu klik sound from file
c. setelah itu pilih lagu yang akan kamu masukkan
d. setelah kamu pilih lagu klik "ok"
5. untuk mengatur kecepatan slide dan segala sesuatu yang berhubungan dengan animasi
klik customs animation
6. untuk membuat link caranya adalah
a. pilih atau tampilkan slide yang diinginkan
b. klik tombol toolbar autoshapes yang berada di baris toolbar drawing, kemudian pilih dan klik salah satu kelompok auto shapes. selanjutnya pilih dan klik salah satu tombol aksi yang diinginkan. dengan langkah ini penunjuk mouse akan berubah bentuk manjadi + atau crosshair.
c. ketikkan kata yang diinginkan. misalkan menu
d. blok kata tersebut atau kata yang ingin dilinkkan
e. lalu klik kanan
f. pilih dan klik action setting
g. pilih hyperlink to:
h. pilih slide...
setelah itu pilih halaman yang kita linkkan lalu klik "ok"
dan untuk link yang berfungsi untuk endshow pilih end show

CARA MENGINSTAL & MEMPARTISI LINUX SUSE

CARA MENGINSTAL LINUX SUSE BERBASIS TEXT

1. Pilih Instalation
2. Tunggu Proses
3. Pada Software hilangkan basis kode 1 dan grapical
4. Keluarkan dan save
5. Lanjutkan Instalation



CARA MEMPARTISI/MEMFORMAT HARDDISK

1. Pilih Instalation
2. Tunggu Proses
3. Pada partition, delete semua partisi
4. Kemudian buat partisi untuk (1)Swap lebih besar 2x dari memory
(2)Home
(3)Root(/)
5. Ok
6. Lanjutkan instalation




;;